Wednesday, April 3, 2013

Pantai Selong Belanak


Daerah Selong,Lombok Timur memang dikelilingi banyak pantai,antara lain Mawun,Mawi,Segar,Kuta-Lombok,dan Selong Belanak. Dengan luas wilayah sekitar 3.488,5 km persegi,terdiri atas luas daratan 1.605,5 km persegi,dan luas perairan 1.654,15 km persegi. Biru begitu mendominasi,tetapi babut hijau tak kalah melindungi. Pantai berada di perbukitan sehingga banyak pohon berjejer sangat indah. Sayangnya,pengelolaan kawasan wisata belum maksimal sehingga Selong Belanak dan pantai lain di sekitarnya belum tereksplorasi secara maksimal.




Ada acara tradisional masyarakat Lombok yang sering didatangi pengunjung,yaitu Bau Nyale. Sebuah acara yang diadakan pada Februari,untuk mencari cacing berwarna-warni,yang dipercaya sebagai penjelmaan Putri Mandalika. Legenda ini sangat termasyhur di Lombok.

Alasan kita mendatangi atau daya tarik utama Pantai Selong Belanak adalah hamparan pasir putih serta gradasi air laut yang sangat kontras dari hijau sampai biru,jernih dan bersih. Saat ombak tidak terlalu besar,putra-putri Anda cukup aman mandi di pantai ini. Pada musim ombak besar,peselancar dari berbagai negara selalu memadati pantai ini. Anda dapat berenang,berjemur atau sekadar leyeh-leyeh di pinggir pantai. Kontur pantai yang sangat landai membuat ombak pecah ditengah laut sehingga ombak tidak sampai ke pinggir pantai. Sebuah lokasi pesisi yang aman untuk keluarga,kan?

No comments:

Post a Comment