Sunday, March 17, 2013

Chocolate Hills


 Apa yang Anda bayangkan begitu melihat bukit-bukit cokelat terhampar sejauh mata memandang?

Ya, ini seperti di negeri dongeng. Di Bohol, Filipina, ada Bukit Cokelat yang bila musim kemarau tiba tampak seperti bulatan bonbon cokelat raksasa.

Provinsi Bohol, Filipina kini sedang naik daun di kalangan wisatawan. Salah satu objek yang paling menarik perhatian adalah Bukit Cokelat atau Chocolate Hills. Tempat ini akan memberikan sensasi yang berbeda bila Anda datang dua musim, yaitu kemarau dan hujan.

Dari boholboard.com yang dikunjungi detikTravel, Senin (5/3/2012), bukit ini bisa memberikan sensasi yang berbeda pada musim yang berlainan. Pada musim hujan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit berwarna hijau cerah dan cantik. Kontras dengan musim hujan, saat musim kemarau tiba, bukit berubah menjadi warna cokelat dan tampak seperti bulatan-bulatan bonbon cokelat. Yummy!

Bukit-bukti cokelat di Bohol tersebut merupakan bukit kapur yang ditutupi oleh rerumputan. Besar masing-masing bukit berbeda, mulai dari diameter 30-50 meter dengan tinggi mencapai 120 meter.

Bukit Cokelat di Bohol dianggap sebagai salah satu keajaiban alam. Ada sekitar 1.268 bukit berbentuk kubah atau kerucut yang tertutup rimbunnya akan diusulkan sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Bukit-bukit cokelat ini bisa Anda temukan di tiga kota di Bohol, yaitu Batuan, Carmen dan Sagbayan. Biasanya, untuk mengunjungi Bohol, pengunjung bisa mengikuti paket wisata yang ditawarkan agen perjalanan. Tetapi, Anda juga bisa berjalan sendiri.

Untuk pengunjung yang tidak memanfaatkan jasa agen perjalanan, bisa memulai perjalanan dari Kota Tagbilaran, lanjut naik bus dari Dao menuju Carmen. Kawasan Bukit Cokelat telah memiliki restoran, tempat menginap, dan juga lokasi untuk melihat ke arah bukit.

Salah satu tempat paling asyik untuk menikmati pemandangan bukit cokelat adalah Kota Sagbayan, sekitar 75 km dari Kota Tagbilaran. Dari sini, Anda bisa dengan jelas kumpulan bukit cokelat. Selain menikmati pemandangan cantik di depan mata, jangan lupa untuk mengabadikannya dalam bentuk foto. Jadi, siapkan kamera tebaik anda.

No comments:

Post a Comment