Tuesday, March 19, 2013

Pamukkale Springs


Pamukkale adalah sebuah situs alam yang terletak di Provinsi Denizli di barat daya Turki. Pamukkale sendiri dapat diartikan sebagai "benteng kapas" dari bahasa Turki. Sebagian besar kota ini berisi sumber air panas dan juga travertine, mineral karbonat yang ditinggalkan oleh air yang mengalir.



Yang menarik dari kota ini adalah tentu saja mata air panasnya yang sangat terkenal. Air panas yang unik ini membentang sepanjang 2700 meter dan setinggi 160 meter.


Sekitar 250 liter air panas yang berisi sejumlah hidrogen karbonat dan kalsium meningkat dari musim semi di setiap detiknya. Fenomena alam ini terlihat seperti daun tebal yang dilapisi oleh kapur putih dan travertine yang mengalir menuruni lereng gunung menyerupai air terjun beku.


Travertine ini merupakan salah satu situs Warisan Dunia UNESCO. Biaya masuknya sebesar 20 Lira Turki (kira-kira sekitar 108.000 Rupiah) per sekali masuk. Biaya ini sudah termasuk ke dalam satu paket dengan kunjungan ke kota Hierapolis Romawi yang terletak di atas travertine. Dilaporkan bahwa pemandangan dari bawah travertine lebih indah daripada pemandangan dari atas travertine.

Roman Amphitheater of  Hierapolis

No comments:

Post a Comment